Kamis, 25 Maret 2010

Principles From Web Design In Layout

Ketika Anda mulai memikirkan merancang sebuah website, anda perlu memikirkan bagaimana pemilihan warna yang tepat sehingga akan memberikan penilaian tersendiri kepada pengunjung tentang website yang anda buat dan bagaimana rancangan tata letak(design layout) dapat membantu "mendesain secara kerja sama" dalam sebuah tim.

Disain yang bagus hampir tidak kelihatan, namun jika disainya jelek maka akan memberikan dampak yang luar biasa, jika disain website anda dirancang bagus dan tata letak informasi juga membantu para pengunjung mudah menggunakan website tersebut, pasti akan kembali menjaelajahi web site anda. Namun jika anda tidak berfikir bagaimana mendisain dan memilih warna yang baik maka akan memberikan dampak kepada pengguna/pengunjung tersebut. Jika hal ini terjadi, jangan mengharap pengguna /penggunjung akan kembali lagi mengunjungi situs anda.

Dalam merancang web design, ada 4 prinsip yaitu;

Kontras

Maksud prinsip kontras adalah menghindari elemen desain dalam halaman yg tampak serupa. Apabila elemen (jenis tulisan, warna, ukuran, tebal tulisan, spasi, etc) tidak diingkan serupa maka buat elemen desain tsb saling membedakan. Kadang, dalam sebuah halaman, kontras menjadi visualisasi yg paling menarik perhatian. Kontras adalah penyebab awal pembaca membaca halaman tsb.

Repetisi


Elemen visual yg berulang dalam sebuah desain. Kamu dapat mengulang ulang warna, bentuk, teksture, ketebalan garis, jenis tulisan, ukuran, konsep grapis, etc. Pengulangan elemen visual ini mengembangkan komposisi dan memperkuat desain dalam kesatuan komposisi.

Alignment

Jangan meletakkan elemen desain apapun tanpa sebab. Setiap elemen visual harus memiliki hubungan dengan elemen visual lain yg berada dalam halaman. Penggunaan alignmen yg tepat akan melahirkan efek tampilan bersih, berkelas, dan segar.

Kedekatan


Setiap elemen desain yg saling berhubung seharusnya dikelompokkan bersama sama. Saat elemen desain saling berdekatan, mereka lebih terlihat sebagai satu unit visual daripada unit visual terpisah. Penggunaan promity yg tepat akan mengorganisasikan informasi, mengurangi kekacauan, dan memberikan pembaca struktur tampilan yg jelas.

Sumber : Menbangun Website dengan Adope Photoshop dan Macromedia Dreamweaver

Tidak ada komentar:

Primbon Jodoh